TEKNOBUZZ – Gangguan teknis pada layanan isi ulang kuota internet dan pulsa dari XLSmart membuat pelanggan dan netizen ramai berkomentar di media sosial seperti X, Instagram dan Facebook.
Keluhan dari para pelanggan terus membanjiri di media sosial X, Instagram dan Facebook sejak Rabu, 11 Juni 2025 lalu.
Keluhan Netizen Meluas Sejak 11 Juni

Berdasarkan pantauan TEKNOBUZZ ID, gangguan teknis pada layanan XLSmart terpantau sejak Rabu, 11 Juni 2025. Di Instagram, akun @luluuuu_ku, mengeluhkan sudah membeli layanan XLSMART dari tanggal 11 Juni 2025 lalu, namun hingga tanggal 14 Juni 2025 ini belum didapatkan oleh pelanggan tersebut. Begitupun akun @fe.linees di Instagram yang juga membeli pulsa atau kuota internet XLSMART dari tanggal 11 Juni 2025 lalu, namun hingga tanggal 14 Juni 2025 ini belum masuk.

Keluhan netizen pun membanjiri Facebook. Akun Facebook Hemmisel Lenigro menyebutkan bahwa setelah XL Axiata merger dengan Smartfren, malah jaringannya menjadi lambat. Sementara akun Alaikas Salam di Facebook menyarankan seharusnya XLSMART menonaktifkan dulu semua akses pembelian kuota dan pulsa XLSMART agar pelanggan tidak bisa membeli pulsa atau kuota internet.
Sebab banyak sekali pelanggan XLSMART yang mengeluhkan di media sosial yang sudah membeli pulsa atau kuota internet, tapi belum masuk kuota atau pulsanya, malah saldo atau pulsa mereka terpotong, seperti pembelian yang sudah berhasil.

XLSMART Meminta Maaf dan Terus Tingkatkan Layanannya
Menanggapi ramainya keluhan pelanggan, XLSMART akhirnya merilis pernyataan resmi melalui sosial media resmi mereka seperti Instagram dan Facebook. Mereka mengakui adanya gangguan teknis yang memengaruhi sebagian pelanggan.
“Kami menyampaikan permohonan maaf atas kendala teknis pembelian paket yang dialami sebagian pelanggan. Proses pemulihan telah mulai dilakukan secara bertahap, dan pelanggan juga sudah mulai menerima paket internet yang dibelinya. Saat ini tim kami terus bekerja dengan optimal agar layanan kembali normal. Terima kasih atas kesabaran dan kepercayaan yang Anda berikan,” tulis XLSMART dalam pernyataan resminya di Instagram dan Facebook.

Terkait ramainya keluhan pelanggan XLSMART di media sosial dan gangguan teknis yang dialami XLSMART, Tim TEKNOBUZZ ID telah menghubungi tim XLSMART.
“XLSMART memastikan semua pelanggan yang sudah membeli paket atau melakukan isi ulang pulsa tidak akan dirugikan dan tetap mendapatkan penyelesaian sesuai dengan hak layanannya,” ujar Henry Wijayanto, Head External Communication XLSMART saat dihubungi TEKNOBUZZ ID.
Pantau terus update informasi soal XLSMART di TEKNOBUZZ ID.