TEKNOBUZZ – OPPO Indonesia bersama Mastercard dan YCAB Foundation melakukan Penyerahan Hadiah Program Power Up The Woman MSMEs yang menjadi momentum penting untuk merayakan keberhasilan 524 UMKM milik perempuan yang telah mendapatkan pelatihan intensif dalam literasi keuangan dan digital di wilayah DKI Jakarta, serta memberikan penghargaan khusus kepada 8 ibu-ibu pelaku UMKM dengan perkembangan usaha terbaik.
Dengan 64% UMKM di Indonesia dipimpin oleh perempuan, peran mereka dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional tidak dapat disangkal. Meskipun kontribusinya sangat besar, banyak pengusaha perempuan masih menghadapi tantangan dalam mengembangkan usahanya.
Akses terhadap modal menjadi tantangan utama, dengan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan bahwa lebih dari 35% pinjaman online aktif digunakan untuk modal UMKM.
Survei dari YCAB Ventures juga mengungkapkan bahwa 76% UMKM perempuan membutuhkan pinjaman tambahan, sementara hanya 27% yang memanfaatkan teknologi untuk pengembangan bisnis—membatasi daya saing di era ekonomi digital yang terus berkembang.
Untuk menjembatani kesenjangan ini, program Power Up The Woman MSMEs diluncurkan untuk membekali pengusaha perempuan dengan literasi keuangan, akses pendanaan, dan perangkat digital yang dibutuhkan untuk memperkuat serta mengembangkan usaha mereka.
Melalui program ini, YCAB Foundation, bekerja sama dengan Mastercard dan OPPO Indonesia, telah memberikan pelatihan yang mengintegrasikan penggunaan teknologi digital seperti Chatbot Whatsapp “Kita Berdaya YCAB”, serta pengembangan strategi pemasaran digital dan pendampingan bisnis.
Program yang berlangsung sejak November 2023 hingga Mei 2024 ini terdiri dari tiga tahap utama. Tahap pertama adalah pelatihan literasi keuangan melalui Chatbot, di mana 524 peserta diperkenalkan pada perilaku keuangan yang sehat, pentingnya memiliki tujuan finansial, serta cara meningkatkan kesejahteraan dan mengembangkan usaha mereka.
Selanjutnya, pada tahap kedua, sebanyak 127 peserta mengikuti Masterclass yang berfokus pada pemasaran digital dan pengembangan usaha. Dalam pelatihan ini, mereka belajar membangun identitas bisnis di media sosial serta membuat konten yang menarik dan berkualitas.
Sebagai hasil dari pelatihan ini, peserta menyusun proposal bisnis sederhana yang mencerminkan tujuan dan strategi pengembangan usaha mereka. Proposal ini kemudian menjadi dasar seleksi bagi 50 peserta yang akan melanjutkan ke tahap ketiga.
Pada tahap akhir, peserta terpilih menerima modal usaha serta pendampingan dari mentor selama dua bulan untuk menerapkan strategi yang telah mereka rancang dalam proposal bisnis mereka.
Acara penutupan ini menjadi puncak dari rangkaian kegiatan yang telah membekali para pengusaha perempuan dengan keterampilan dan pengetahuan untuk mengembangkan usaha mereka.
Dengan keberhasilan program ini, diharapkan lebih banyak UMKM perempuan dapat meraih kemajuan dan terus berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia, mendorong kemandirian finansial, penciptaan lapangan kerja, serta keberlanjutan ekonomi dalam jangka panjang.
Patrick Owen, Chief Marketing Officer OPPO Indonesia, menyampaikan, OPPO Indonesia percaya bahwa inovasi tidak hanya diukur dari teknologi canggih yang kami hadirkan, tetapi juga dari dampak positif bagi masyarakat.
“Melalui kolaborasi dengan Mastercard dan YCAB Foundation, kami berkomitmen untuk memberdayakan UMKM perempuan yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Kami berharap program ini membuka jalan bagi lebih banyak perempuan untuk mengoptimalkan potensi bisnis mereka di era digital,” kata Patrick.
Menurut Aileen Goh, Country Manager, Indonesia, Mastercard, memberdayakan pengusaha perempuan bukan sekadar memperkuat bisnis mereka, namun juga membuka potensi, mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, serta menciptakan dampak berkelanjutan bagi masyarakat. Ketika perempuan sukses, masyarakat pun niscaya ikut maju.
“Melalui kolaborasi ini, Mastercard bersama OPPO Indonesia dan YCAB Foundation merasa terhormat dapat mendukung serta berkontribusi untuk masa depan di mana lebih banyak perempuan memiliki alat, pengetahuan, dan kepercayaan diri untuk memimpin, berinovasi, dan berkembang di era digital,” ucapnya.
Kolaborasi ini memperkuat komitmen jangka panjang Mastercard dalam memberdayakan dan mentransformasi komunitas, masyarakat, serta perekonomian yang dilayaninya.