0 C
New York
Saturday, December 7, 2024

Buy now

Pemanfaatan AI Bisa Tingkatkan Inklusi Keuangan Digital

TEKNOBUZZ – Pemanfaatan AI dan big data diyakini dapat menjadi kunci untuk menjembatani kesenjangan kredit (credit gap) dan meningkatkan inklusi keuangan secara nasional.

Lewat pemanfaatan AI dan big data, lembaga keuangan mampu mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai calon nasabah, khususnya yang berasal dari kalangan masyarakat underserved dan underbanked. Teknologi tersebut bisa menjawab kebutuhan pemetaan profil konsumen dan manajemen risiko, yang menjadi landasan utama dalam penyediaan layanan keuangan.

Chief Technology Officer AdaKami, Ming Gu, memaparkan dalam sesinya di Tech in Asia Conference 2024 bahwa, sering kali, calon peminjam hanya memiliki sedikit rekam jejak kredit formal atau bahkan tidak ada sama sekali, karena belum pernah memiliki pinjaman atau mengambil cicilan.

“Jika data biro kredit tidak tersedia, maka  sumber data alternatif yang dapat digunakan untuk menilai kelayakan kredit. Untuk melakukan penilaian dan analisis tersebut, big data menjadi teknologi yang tepat. Hal ini merupakan inti dari fintech, terutama pada aspek teknologi,” jelasnya.

Gu menjelaskan bahwa AdaKami menggunakan sumber data alternatif untuk menganalisis pola dan perilaku guna mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai skor atau profil kredit calon peminjam. Meskipun terbilang kompleks jika dibandingkan dengan metode tradisional, proses ini memungkinkan AdaKami untuk melayani segmen masyarakat yang lebih luas secara lebih efektif, tanpa terlalu bergantung pada  data biro kredit.

Selain untuk analisis pola dan perilaku, teknologi juga berperan dalam mendeteksi fraud yang merupakan bagian penting dalam mitigasi risiko pada industri fintech. AdaKami menggunakan teknologi pencegah fraud dalam mendeteksi upaya penipuan berbasis gambar, seperti manipulasi foto kartu identitas dengan menggunakan AI.

“Kami juga proaktif dalam upaya perlindungan data pribadi dengan memanfaatkan data yang didapatkan dari sumber-sumber yang sah untuk kebutuhan pemetaan profil nasabah dan mitigasi risiko. AdaKami menerapkan langkah-langkah ketat dalam menjaga privasi data guna memastikan bahwa informasi sensitif digunakan secara bertanggung jawab dan aman,” tambah Gu.

Lebih lanjut, Gu juga berbagi pandangannya mengenai potensi pertumbuhan industri fintech lending di Indonesia. Sebagai salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi yang signifikan untuk mengadopsi fintech.

Meskipun begitu, luasnya geografi, ditambah dengan terbatasnya keberadaan lembaga keuangan konvensional secara fisik, telah lama menjadi penghalang akses layanan kredit bagi kebanyakan masyarakat Indonesia,  terutama mereka yang tinggal di daerah pedesaan.

Baca juga: Lima Provinsi ini Memiliki Literasi Keuangan Tertinggi di Indonesia

“Indonesia terdiri dari ribuan pulau, yang sebagian besar sangat terpencil, tanpa akses ke  lembaga keuangan fisik, apalagi layanan pinjaman atau kredit. Dengan menggabungkan tingkat penetrasi internet dan smartphone yang tinggi di Indonesia, kami dapat menghadirkan akses layanan keuangan yang lebih luas kepada lebih banyak masyarakat Indonesia,” pungkas Gu.

Di sisi lain tanpa disadari, internet seluler telah merevolusi cara masyarakat Indonesia berkomunikasi, bahkan dalam bertransaksi perbankan. Dengan hadirnya teknologi AI dan ponsel, proses pinjam meminjam di sisi konsumen maupun penyedia layanan bisa menjadi lebih efisien dengan mitigasi risiko yang lebih baik dan bisa menjangkau masyarakat dengan riwayat kredit formal yang kurang memadai.

Terakhir, seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat, permintaan kredit nasional juga akan terus meningkat. Dengan pemanfaatan AI dan big data, lembaga keuangan akan lebih siap untuk memenuhi kebutuhan ini, sekaligus memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia memberikan manfaat bagi seluruh warganya, mendekatkan negara ini pada inklusi keuangan yang sesungguhnya.

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles