TEKNOBUZZ – Telkomsel melakukan pendekatan komprehensif yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) bernama Telkomsel Hyper AI untuk mengoptimalkan jaringan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna mengungkapkan bahwa, dengan menerapkan teknologi AI dan machine learning, Telkomsel telah berhasil membangun jaringan yang lebih cerdas dan responsif.
“Telkomsel Hyper AI telah berhasil mengubah cara perusahaan mengelola jaringan dan berinteraksi dengan pelanggan. Dengan memanfaatkan teknologi AI, Telkomsel telah menciptakan jaringan yang lebih cerdas, efisien, dan berorientasi pada pelanggan,” jelas Indra.
Hyper AI Telkomsel dijelakan Indra diterapkan dalam rangkaian sistem Autonomous Network, yang mendukung pengelolaan jaringan secara proaktif dan efisien melalui teknologi AI dan ML.
Implementasi ini terbagi menjadi tiga pilar utama yang mendukung peningkatan kinerja dan kualitas jaringan yakni AI-Based Customer Experience (AISOC) yang akan memantau kinerja jaringan secara real-time dan secara proaktif mengatasi masalah sebelum berdampak pada pelanggan. Hasilnya, pelanggan menikmati pengalaman internet yang lebih stabil dan cepat.
Sementara itu AI-Based Network Operation (AINAP) mengelola operasional jaringan secara otomatis, memastikan ketersediaan layanan 24/7. Teknologi ini mampu menganalisis kondisi jaringan, memperbaiki gangguan dengan cepat, dan meminimalkan downtime.
Sedangkan pilar terakhir AI-Based Network Planning (AINEP) akan membantu perencanaan kapasitas dan lokasi jaringan yang lebih akurat, sehingga cakupan jaringan semakin luas dan kualitas layanan semakin baik.
Manfaat bagi pelanggan
Dengan memanfaatkan Hyper AI, Telkomsel mampu mengoptimalkan kinerja jaringan, meningkatkan kualitas interaksi pelanggan, serta menyediakan layanan yang lebih responsif dan tepat sasaran.
Dengan demikian pelanggan akan merasakan pengalaman yang lebih personal dengan menerima rekomendasi produk dan layanan yang relevan dengan kebutuhan mereka.
Layanan pelanggan juga akan lebih baik dengan asisten virtual AI siap membantu pelanggan 24/7 dan menyelesaikan masalah dengan cepat.
Baca juga: MyTelkomsel Ubah Smartphone Jadi Pusat Hiburan Pribadi
Yang pasti kualitas jaringan menurut Indra akan lebih stabil karena Hyper AI memastikan jaringan selalu dalam kondisi optimal, terutama saat terjadi lonjakan trafik.
Lebih lanjut menurut Indra, keberhasilan Telkomsel ini membuktikan bahwa teknologi AI memiliki potensi besar untuk mengubah industri telekomunikasi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.