TEKNOBUZZ – Untuk mempermudah dan mempercepat penerapan AI untuk penyedia layanan komunikasi atau communications service provider (CSP) Dell Technologies menghadirkan Dell AI untuk Telekomunikasi
Penelitian MeriTalk study terbaru yang disponsori Dell Technologies mengungkapkan bahwa 48% eksekutif di industri telekomunikasi melihat AI sebagai teknologi yang paling transformatif di industri dalam lima tahun ke depan, tapi 68% menyatakan organisasi
mereka kesulitan mengimbangi perubahan teknologi dan kebutuhan pelanggan yang sangat cepat.
Program Dell AI untuk Telekomunikasi, yang merupakan bagian dari Dell AI Factory, diyakini mampu menjawab semua tantangan tersebut dengan menggabungkan keahlian, infrastruktur dan layanan AI Dell dengan perangkat lunak dan silicon dari seluruh ekosistem AI.
Program ini akan mengembangkan dan menerapkan solusi-solusi AI on-premise yang bisa digunakan CSP untuk meningkatkan kinerja jaringan, meningkatkan layanan pelanggan dan menghadirkan nilai tambah edge enterprise yang lebih besar.
Baca juga: PC AI Jadi Investasi Penting Tingkatkan Produktivitas
“Memanfaatkan berbagai peluang yang dihadirkan AI telah menjadi faktor pendorong utama untuk mentransformasi cloud jaringan,” kata Dennis Hoffman, senior vice president dan general manager, Telecom Systems Business, Dell Technologies.
Dell AI untuk Telekomunikasi dijelaaskan Dennis menggabungkan keahlian dan infrastruktur Dell, dengan berbagai mitra di seluruh ekosistem untuk membantu para operator jaringan mengimplementasikan solusi-solusi AI di dalam dan di atas jaringan untuk memangkas biaya operasional (OPEX), meningkatkan kinerja dan menciptakan peluang-peluang pendapatan baru.
Untuk membuat dan memvalidasi solusi AI telekomunikasi untuk CSP Dell bekerjasama dengan NVIDIA untuk CSP yang dibangun dan divalidasi dengan Dell AI Factory dengan NVIDIA.
Menggunakan server Dell PowerEdge, GPU NVIDIA dan perangkat lunak AI kelas enterprise, solusi-solusi tersebut akan membantu CSP menggunakan AI untuk meningkatkan layanan pelanggan dan meningkatkan pemeliharaan jaringan dengan platform amAlzdari Amdocs.
CSP juga dapat mengotomatisasi script pusat panggilan dan operasional layanan pelanggan dengan Iternal serta melakukan penyelesaian masalah (troubleshooting) dan analisis jaringan dengan SQL-GPT dari Kinetica dan membangun digital twin untuk jaringan dan melakukan pemeliharaan jaringan prediktif dengan Synthefy.