13.6 C
New York
Tuesday, November 12, 2024

Buy now

DANA Catat Lonjakan Pengguna dari Kota Tier 3

TEKNOBUZZ – DANA melaporkan bahwa berdasarkan hasil riset daring dan analitik YouGov pada kuartal pertama tahun ini, pengguna dompet digital DANA yang berasal dari kota di luar kota metropolitan (tier 3) tercatat  mencapai 63 persen dari total populasi daring.

Berdasarkan survei YouGov yang dilakukan terhadap lebih dari 4.000 responden daring di Indonesia pada kuartal pertama 2024, terdapat temuan bahwa 89 persen responden bergantung pada dompet digital untuk bertransaksi, lebih banyak dibandingkan bank digital maupun bank konvensional.

Selama satu kuartal terakhir, tingginya penggunaan fitur kirim uang oleh pengguna DANA sebesar 60% menandakan bahwa layanan keuangan pada dompet digital DANA telah mengalami tingkat adopsi yang pesat, khususnya bagi kegiatan bertransaksi masyarakat sehari-hari.

Selain adopsi transaksi digital, YouGov ikut mencatat bertambahnya preferensi umum masyarakat untuk menabung, dengan 37 persen populasi menyatakan bahwa mereka akan meningkatkan alokasi dari penghasilannya untuk tabungan atau investasi dalam satu tahun ke depan.

Temuan serupa juga terlihat dari data internal DANA, yang menunjukkan bahwa  pengguna DANA mulai berinvestasi melalui fitur DANA eMAS dengan peningkatan sebesar 19 persen pada kuartal pertama 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sederet kapabilitas yang DANA tawarkan kepada pengguna, tidak lepas dari kemudahan ekosistem terbuka yang memungkinkan dompet digital ini untuk berintegrasi dengan berbagai mitra. Oleh karena itu, fitur dan layanan DANA tidak hanya berkesesuaian dengan kebutuhan pengguna, tetapi juga terbukti lengkap dengan jangkauan mitra yang luas.

Sejumlah 72 persen pengguna pun menyatakan bahwa ekosistem terbuka DANA yang memungkinkan ragam kolaborasi, menghadirkan ketersediaan untuk beragam pembayaran dan layanan keuangan.

Berdasarkan klasifikasi kota pada data YouGov yang berasal dari tingkat penetrasi internet dan jumlah populasi kota yang disediakan oleh BPS (Badan Pusat Statistik), dominasi pengguna DANA bahkan merambah hingga kota-kota di luar metropolitan, khususnya tier 3 (Sukabumi, Klaten, Tasikmalaya, Garut, dll). Meluasnya pengguna hingga ke pelosok Indonesia, ikut membuka peluang yang lebih besar dalam mewujudkan visi DANA sebagai jembatan menuju inklusi keuangan di Indonesia.

Lim Wimawan Kusuma, VP of Marketing DANA menyampaikan bahwa banyaknya jumlah populasi masyarakat unbanked (penduduk yang tidak memiliki akses terhadap layanan keuangan dan perbankan) dan underbanked (penduduk yang memiliki akses minim terhadap layanan keuangan dan perbankan) di Indonesia, membawa fokus DANA untuk mengembangkan produk dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan melengkapinya melalui edukasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Baca juga: Hasil Riset: 93% UMKM Alami Peningkatan Produktivitas dengan DANA

“Kami sadar bahwa menciptakan fitur dan layanan yang inovatif saja belum cukup, untuk menciptakan dompet digital yang berkelanjutan. Saat ini, prioritas kami juga termasuk mendorong masyarakat agar semakin mengerti keuangan dan memiliki finansial yang sehat. Visi ini kami tempuh dengan menghadirkan edukasi di kota-kota sekunder dan tersier Indonesia lewat program DANA Academy, hingga menggandeng langsung komunitas UMKM dan pemerintah daerah setempat. Sejauh ini kami telah mengedukasi lebih dari 2500 UMKM  lewat DANA Academy,” tambahnya.

Dalam menjaga kepercayaan pengguna di berbagai wilayah di Indonesia tersebut, DANA terus meneguhkan komitmennya untuk menghadirkan sistem keamanan yang terdepan. Dengan demikian, pengguna tetap merasa aman dan mudah dalam bertransaksi digital, serta menjadikan dompet digital sebagai andalan kesehariannya.

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles