TEKNOBUZZ – Berdasarkan laporan bertajuk Pemetaan Strategi Influencer di Media Sosial, platform Instagram tetap menjadi media sosial paling populer di kalangan Gen Z selama 2023. Laporan tersebut hasil kerjasama Invinyx, agensi pemasaran digital bersama lembaga survei Jakpat.
Menurut Muhammad Ilmayanto Rustriananda, Co-Founder at INVINYX Digital Agency, inisiatif ini diharapkan dapat membantu pelaku industri untuk dapat lebih adaptif dalam berstrategi, mengikuti pergerakan preferensi perilaku konsumen di dunia digital, apalagi seiring dengan audiens yang semakin matang dan cerdas dalam menikmati konten pemasaran di media sosial.
Beberapa temuan menarik lainnya dari laporan Invinyx dan Jakpat diantaranya:
- Platform Instagram tetap jadi media sosial pilihan seluruh responden, khususnya bagi generasi Z. Secara keseluruhan terdapat 3 platform media sosial yang paling populer dan sering diakses oleh responden yakni Instagram (94%), YouTube (91%), dan TikTok (81%).
- Vlog, podcast, dan story merupakan 3 format konten yang paling diminati di media sosial. Jika diklasifikasi berdasarkan gender, kalangan wanita juga menyukai format konten vlog dan foto. Sementara, bagi kalangan pria, live streaming dan giveaway turut populer.
- Hiburan menjadi jenis konten teratas yang paling populer ditonton di media sosial oleh responden dengan persentase mencapai 88%. Diikuti juga dengan jenis konten kuliner (84%) dan fesyen (65%).
- Selain format dan jenis konten, kuliner juga menjadi produk yang paling populer untuk dibeli oleh responden di platform media sosial. Pada kategori Gen Z, cenderung lebih sering membeli produk kuliner, kecantikan, dan fesyen. Sementara itu, pada Gen Y dan Gen X lebih menyukai produk kuliner dan perangkat elektronik.
- Terdapat faktor penting yang mempengaruhi responden untuk membeli produk di platform media sosial, yaitu memiliki tautan atau link produk pada konten promosi yang dilakukan oleh key opinion leader guna memudahkan responden menemukan produk dengan mudah.
Lebih lanjut, Farida Hasna Annuha, Research Lead Jakpat menjelaskan, studi ini menunjukkan perbedaan dalam penggunaan media sosial, minat konten, dan preferensi produk antara Gen Z, Millennial, dan Gen X. Hal ini menegaskan pentingnya menyesuaikan strategi pemasaran digital untuk setiap segmen.
Baca juga: Konsumsi Layanan Seluler Diprediksi Naik Lebih dari 40% Selama Ramadan
Apalagi dengan kehadiran key opinion leader yang menjadi salah satu pengaruh dalam meningkatkan preferensi dan informasi bagi konsumen dalam keputusan pembelian.
“Dengan laporan ini, harapan kami dapat menjadi jembatan antara pelaku industri, marketer, key opinion leader, dan instansi terkait agar dapat memaksimalkan strategi pemasaran di era digital yang dinamis,” ungkapnya