TEKNOBUZZ – Pada kampanye 12.12 Birthday Sale, Shopee mencatat peningkatan transaksi produk lokal hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.
Pada kampanye ini Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna, menyampaikan bahwa Shopee berupaya memfasilitasi perluasan pasar demi mendukung terciptanya bisnis berkelanjutan bagi brand lokal dan UMKM Indonesia.
“Kampanye 12.12 Birthday Sale merupakan bentuk upaya kami dalam memberikan apresiasi akan dukungan seluruh ekosistem yang telah bersinergi untuk terus tumbuh dan berkembang bersama Shopee,” ungkap Monica.
Menjalankan peran dan fungsinya, Shopee menurut Monica tidak hanya menghadirkan medium untuk para pelaku usaha menjangkau konsumennya, tetapi juga berjalan bersama dan berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan industri lokal.
Selain menghadirkan kesempatan lebih besar melalui kampanye 12.12 Birthday Sale, Shopee juga secara terus menerus memperhatikan perilaku belanja online yang terus bergerak.
Perubahan tren serta preferensi yang dapat mempengaruhi keputusan berbelanja menjadi salah satu fokus utama untuk dikembangkan, sehingga inovasi yang Shopee hadirkan dapat memfasilitasi brand lokal dan UMKM untuk terus tumbuh, beradaptasi dan bergerak memanfaatkan teknologi digital.
Di sepanjang kampanye 12.12 Birthday Sale, hadirnya tematik yang berbeda setiap hari untuk pengguna memberikan panggung bagi brand lokal dan UMKM agar dapat menyoroti produknya dengan maksimal. Pada kampanye ini, hari tematik Gajian Sale, Super Beauty Day, Bonus Akhir Tahun 12 M Day, Fashion Day, dan Shopee Video Day mencatatkan aktivitas belanja paling tinggi.
Sejalan dengan dua kategori brand lokal & UMKM yang masih menjadi favorit pengguna, produk lokal yang terjual dari kategori fashion meningkat hingga enam kali lipat dan kategori kecantikan meningkat lebih dari 8 kali lipat pada puncak kampanye.
Berbeda dengan kampanye sebelumnya, pada 12.12 Birthday Sale kali ini, Shopee menghadirkan penawaran Gebyar Promo dan Bonus Akhir Tahun 12M yang menawarkan berbagai cara bagi pengguna untuk memaksimalkan pengalaman berbelanja akhir tahun.
Salah satu yang paling ditunggu adalah Flash Sale 12 RB. Semangat untuk berpartisipasi dan mendapatkan produk pilihan dengan harga 12RB terlihat pada hari puncak kampanye, baik pada produk spesial seperti Mobil, Motor, Iphone, Emas dan masih banyak lainnya.
Keseruan kampanye ShopeePay 12.12 Birthday Deals yang menyajikan beragam promo menarik terlihat dari minat pengguna yang kian meningkat dibandingkan dengan kampanye tanggal kembar bulan sebelumnya, serta meningkatnya jumlah pengguna baru yang menggunakan QRIS dengan sumber dana ShopeePay atau SPayLater.
Dalam kampanye kali ini, fitur bayar QRIS pakai ShopeePay atau SPayLater paling banyak digunakan pengguna untuk berbelanja di berbagai kategori seperti belanja kebutuhan harian, makanan & minuman, pembelian paket streaming, dan pembayaran parkir.
Baca juga: Infinix Smart 8 Resmi Meluncur, Bisa Diajak Multitasking
Volume total transaksi menggunakan fitur Transfer Gratis ke Bank Mana Pun turut meningkat didukung dengan adanya promo Cashback s/d 120RB. Selain kota-kota besar, tercatat kota Sidoarjo, Palembang, dan Makassar yang menjadi wilayah dengan transaksi transfer tertinggi selama masa kampanye kali ini.
Para pengguna juga memanfaatkan kemeriahan kampanye ShopeeFood 12.12 Birthday Diskon untuk berburu Flash Sale berbagai macam kuliner. Olahan Mie, Burger, dan Nasi Ayam menjadi yang paling banyak dipesan oleh pengguna melalui promo Flash Sale selama kampanye berlangsung.
“Menutup tahun dengan catatan yang luar biasa diharapkan dapat menjadi dorongan dan motivasi bagi Shopee untuk senantiasa menghadirkan peluang, dukungan dan inovasi yang dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia.” tutup Monica.